-->

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Rumus Trunc Excel.- Pada kesempatan hari ini admin akan membahas tentang Fungsi TRUNC Excel mulai dari Cara Menggunakan Fungsi Trunc Excel dan Contoh Menggunakan Fungsi Trunc dalam excel.

Fungsi Trunc merupakan salah satu dari beberapa fungsi dengan kategori Math dan Trigonometry yang lebih diperuntukkan dalam mengolah angka pada excel. Lalu, Apa Fungsi Rumus Trunc Pada Excel? berikut penjelasannya.

Fungsi TRUNC Pada Excel

FUNGSI TRUNC PADA EXCEL

Fungsi TRUNC pada excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk memotong angka ke bilangan bulat dengan menghilangkan bagian pecahan dari angka pecahan desimal yang diberikan.

Berbeda dengan fungsi Round yang menyederhanakan angka pecahan dengan cara membulatkan angka tersebut baik keatas ataupun kebawah. Fungsi TRUNC ini menyederhanakan angka pecahan dengan memotong angka ke bilangan bulat.

Hampir sama dengan Fungsi INT yang langsung mengambil bilangan bulat dari angka pecahan desimal yang ada, dengan mengabaikan angka-angka yang ada dibelakang koma. Namun, dengan Fungsi TRUNC ini kita masih bisa menentukan angka presisi dari pemotongan.

Perbedaan antara Fungsi INT dengan Fungsi TRUNC akan sangat jelas ketika kita menggunakan bilangan negative. Misalnya, angka (-5,4) Jika menggunakan Fungsi TRUNC akan menghasilkan nilai angka (-5) Sementara jika menggunakan fungsi INT hasilnya adalah (-6).

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI TRUNC PADA EXCEL

Berikut ini adalah rumus trunc di excel yang biasa disebut dengan sintaks:

=TRUNC(number; [num_digits])

Penjelasan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka pecahan desimal yang akan kita potong.

Num_digits : bersifat opsional, argument ini berisi angka yang menentukan presisi dari pemotongan yang akan kita lakukan. Jika argument ini tidak diisikan / di kosongkan maka num_digits secara default berniai nol (0).

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH FUNGSI TRUNC PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah:

CONTOH FUNGSI TRUNC PADA EXCEL

Penjelasan Rumus:

Rumus =TRUNC(A2) artinya kita akan memotong angka pecahan desimal 254,567 dan Karena num_digits dikosongkan maka dianggap bernilai 0. Karena num_digits bernilai nol maka hasilnya 254 dan mengabaikan angka dibelakang koma.

Rumus =TRUNC(A3;1) artinya kita akan memotong angka pecahan desimal 254,567 dengan num_digits bernilai 1 maka hasilnya 254,5. Karena num_digits hanya bernilai 1 maka angka dibelakang koma yang diambil hanya satu.

Untuk rumus yang ke-3 penjelasannya hampir sama dengan rumus yang ke-2, perbedaannya hanya nilai num_digits saja sehingga data yang ditampilkan pun berbeda.

PERBEDAAN FUNGSI INT DAN FUNGSI TRUNC

Seperti yang telah admin jelaskan diatas, Fungsi Trunc memiliki kemiripan dengan fungsi INT. Nah, admin akan mencoba menggambarkan bagaimana persamaan dan perbedaan dari kedua fungsi tersebut.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

PERBEDAAN FUNGSI INT DAN FUNGSI TRUNC

Baca Juga : Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Dari gambar diatas, terlihat jelas bagaimana persamaan dan perbedaan dari kedua fungsi tersebut bukan?

Perbedaan paling mencolok adalah ketika meng-eksekusi angka negative, selain itu sama saja. adapun perbedaan lainnya yaitu Fungsi TRUNC kita bisa mengatur jumlah angka dibelakang koma yang akan dipotong sementara Fungsi INT tidak ada.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Fungsi TRUNC, semoga kalian dapat memahami apa yang telah admin sampaikan diatas. Namun, jika kalian memiliki sebuah pertanyaan atau ada kalimat yang kurang jelas dari penjelasan admin diatas maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah disiapkan dibawah artikel ini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin lainnya tentang fungsi Fungsi Math Dan Trigonometry, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Terimakasih banyak admin ucapkan kepada kalian yang telah bersedia berkunjung dan membaca beberapa artikel yang ada diblog Kita Ngoding. Semoga apa yang kalian pelajari pada blog ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kalian secara pribadi ataupun secara bermasyarakat. Aammin

Wassalamualekum wr wb.



0 Response to "FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close