-->

Fungsi Sum Di Microsoft Excel : Untuk Pemula Dengan Contoh-Contoh Lengkap

Fungsi Sum Excel.- Bagi kalian yang baru belajar Microsoft Excel, mungkin masih terasa asing dengan beberapa Formula Excel yang ada pada excel. Tapi tenang saja karena pada halaman ini admin akan mencoba menjelaskan tentang Fungsi Sum Pada Excel secara singkat dan jelas, mulai dari :

  • Pengertian Fungsi SUM Pada Excel
  • Struktur Fungsi SUM Pada Excel, 
  • Contoh Penggunaan Fungsi SUM Pada Microsoft Excel
  • Kesalahan Dalam Menggunakan Fungsi SUM Pada Excel.

Ikuti terus pembahasan Fungsi SUM Di Excel hingga akhir, semoga meteri yang admin sampaikan dibawah ini dapat memberikan pencerahan bagi kalian.

Fungsi SUM Pada Excel

FUNGSI SUM PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi SUM Excel Merupakan fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data berupa angka yang kita tentukan.

Fungsi ini termasuk ke dalam katergori Math dan Trigonometry yang memang ditujukan untuk melakukan perhitungan angka. Ada banyak fungsi Math dan Trigonometry lainnya dengan kemampuan yang tentunya berbeda-beda. Namun di halaman ini, kita akan fokuskan ke Fungsi SUM Excel.

Dengan Fungsi SUM Di Excel, kita dapat menjumlahkan data yang segitu banyak pada Cell yang berbeda-beda. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi excel yang paling banyak digunakan oleh pengguna excel pada saat mengolah data.

Dan apabila kalian membutuhkan rumus excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data dengan kriteria-kriteria tertentu maka gunakan rumus Fungsi Sumif Excel atau Fungsi Sumifs Excel.

Baca Juga : Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Pada Excel

Sebelum menggunakan Fungsi SUM ini, alangkah baiknya jika kita pelajari dulu Struktur Dari Fungsi SUM itu sendiri.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUM PADA EXCEL

Dalam menggunakan Fungsi SUM Excel, kita harus mengikuti aturan penggunaan atau rumus atau lebih dikenal dengan Sintaks, berikut ini adalah sintak dari Fungsi SUM Dalam Microsoft Excel:

=SUM(number1; [number2];..)

Penjelasan Sintaks:

  • number1 : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
  • number2 : bersifat opsional, argument ini berisi angka selanjutnya yang ingin kita jumlahkan. kita dapat menambahkan argument number sebanyak yang kita inginkan.

Argument number boleh ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan kalian. Apabila Data yang kalian jumlahkan lebih banyak dan data tersebut berada pada cell yang cukup renggang bahkan mungkin data tersebut berada pada sheet yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, ikuti bagaimana cara admin menggunakan Fungsi Sum Excel dalam contoh kasus yang real berikut ini.

Baca Juga : 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Setelah mengetahui struktur sintaks/rumus dari Fungsi SUM Pada Excel maka tugas kita sekarang adalah memasukkan rumus tersebut kedalam lembar kerja excel dan memasukkan data yang diperlukan sesuai dengan aturan yang telah kita pelajari diatas.

Berikut ini, admin telah menyiapkan beberapa contoh penggunaan Fungsi SUM Di Microsoft Excel. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi kalian yang baru belajar Rumus Dan Fungsi Pada Microsoft Excel.

Menjumlahkan Angka Secara Langsung

Perhatikan Rumus SUM Pada Excel berikut ini:

=SUM(50;100;25;55)

Hasil dari rumus diatas adalah 230. Apabila kalian tidak percaya silahkan kalian copy paste rumus diatas pada salah satu cell di aplikasi excel kalian.

Kalian bisa melakukan pemjulahan data dengan cara seperti diatas, namun cara tersebut tentu tidaklah efektif.

Akan tetapi, mungkin saja dalam kasus tertentu kita akan membutuhkannya. Jadi tidak ada salahnya untuk dipelajari.

Menjumlahkan Data Berdasarkan Referensi Alamat Cell

Untuk contoh Fungsi SUM Di Microsoft Excel yang kedua ini yaitu menjumlahkan data berdasarkan referensi alamat cell. 

Cara ini hampir mirip dengan Teknik penjumlahan sebelumnya, hanya saja yang kita masukkan kedalam rumus adalah alamat cell dari masing-masing data tersebut.

Perhatikan contoh dibawah ini:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Cara menjumlahkan data seperti diatas akan sangat membantu Ketika kita ingin menjumlahkan data yang posisi datanya berjauhan. Misalnya, Data_1 berada pada cell A2, Data_2 berada pada cell E4, Data_3 berada pada cell F5 dan seterusnya.

Menjumlahkan Data Berdasarkan Referensi Sel atau Array

Contoh Fungsi SUM Pada Excel yang ke-tiga ini yaitu menjumlahkan data berdasarkan referensi sel atau array atau Kelompok Data.

Cara ini paling sering digunakan oleh pengguna excel, karena ingin lebih cepat dan praktis dalam mengolah data di excel.

Perhatikan contoh berikut ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Rumus dari Fungsi SUM Excel pada gambar diatas terlihat lebih simple, Hal ini tentu akan membuat pengolahan data menjadi lebih efisien. Lain halnya dengan contoh sebelumnya, baik yang pertama maupun yang kedua.

Bayangkan saja jika kita memiliki rentang data/array yang begitu banyak, katakanlah 20 cell (A1 sampai A20) atau lebih, maka rumusnya jelas sekali akan sangat Panjang. Akan tetapi, apabila menggunakan cara yang satu ini tentu hasilnya akan seperti berikut =SUM(A1:A20), Simple bukan?

Note : array merupakan kumpulan data baik secara vertical (atas bawah) ataupun secara horizontal (kiri kanan).

Menjumlahkan Data Dengan Banyak Referensi Sel / Array

Contoh penggunaan Fungsi SUM Pada Excel yang satu ini merupakan lanjutan dari contoh sebelumnya. Disini, admin ingin menunjukkan bagaimana cara menjumlahkan data dengan banyak array data pada excel.

Perhatikan contoh berikut ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Pada contoh diatas, admin menjumlahkan Data 1, 2, 3 dan 4 berdasarkan range data yang posisinya cukup berjauhan. Jadi, kita harus memasukkan array data tersebut satu persatu.

Seandainya kita ingin menjumlahkan semua data angka yang ada pada tabel contoh diatas maka rumusnya akan seperti berikut =SUM(A2:I5).

Menjumlahkan Data Antar Sheet

Nah, contoh Penggunaan Fungsi SUM Pada Excel terakhir yang akan kita pelajari pada halaman ini adalah menjumlahkan data yang berada pada sheet berbeda antara satu dengan yang lain.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Pada gambar diatas, admin menjumlahkan nilai siswa dari masing-masing mata pelajaran yang berada di sheet berbeda dan menghitung jumlah Nilai Siswa secara keseluruhan pada sheet 4.

Masing-masing sheet admin berikan nama Lembar1 sampai Lembar4, sehingga rumusnya pada sheet4 menjadi =SUM(Lembar1!D5;Lembar2!D5;Lembar3!D5).

  • Lembar1! Adalah nama sheet tempat data akan diambil dan dijumlahkan.
  • D5 Adalah alamat cell tempat data itu berada pada masing-masing sheet. Jika data kalian berada pada cell G11 maka ganti D5 menjadi G11 dan seterusnya.

Kalian bisa menambahkan data dari sheet yang lainnya dengan cara menulis nama sheet + tanda seru (!) di ikuti dengan alamat cell atapun array tempat data tersebut berada.

CONTOH FUNGSI SUM EXCEL DI VARIASIKAN DENGAN FUNGSI LAIN

Dalam prakteknya, Fungsi SUM Pada Excel cukup sering disandingkan dengan fungsi lainnya sehingga membentuk rumus tertentu dalam melakukan penjumlahan/pengolahan data.

Itu karena kemampuan Fungsi SUM Excel yang dapat menghitung hasil pengolahan data dari fungsi lain.

Berikut ini admin akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang cara menggabungkan Fungsi SUM Pada Excel dengan fungsi lain.

Fungsi SUM Dengan Fungsi Min dan Max Di Excel

Misalnya kita ingin mengambil nilai terendah dalam suatu data kemudian menjumlahkan data tersebut dengan data terendah lainnya, maka perhatikan contoh berikut ini.

Fungsi SUM Dengan Fungsi Min dan Max Di Excel

Dan sebaliknya jika ingin mengambil nilai tertinggi dalam suatu data kemudian menjumlahkan data tersebut dengan  data tertinggi lainnya, maka perhatikan contoh berikut ini.

Fungsi SUM Dengan Fungsi Min dan Max Di Excel

Baca Juga : Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi SUM Dengan Fungsi Average Pada Excel

Apabila kita ingin menjumlahkan nilai rata-rata dari masing-masing range data maka kita bisa menggabungkan Fungsi SUM Excel dengan fungsi average excel.

Perhatikan contoh berikut ini.

Fungsi SUM Dengan Fungsi Average Pada Excel

Masih banyak lagi contoh variasi antara Fungsi SUM Pada Excel dengan fungsi lainnya untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Baca Juga : Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Selanjutnya kalian coba variasikan sendiri Fungsi SUM Excel ini dengan fungsi lainnya sesuai dengan kebutuhan kalian.

KESALAHAN DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menggunakan Fungsi SUM Pada Excel yaitu:

  • Fungsi Sum Excel akan menghitung nilai angka pada suatu referensi sel / array / range data dan mengabaikan nilai teks, logika ataupun cell kosong.
  • Fungsi Sum Excel akan bernilai error Ketika salah satu argument yang akan dihitung bernilai kesalahan (error).

Perhatikan contoh dibawah ini.

KESALAHAN DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI SUM DI EXCEL

Dari contoh gambar diatas, terlihat dengan jelas pada Data1 hanya terdapat 2 cell yang berisi angka desimal yaitu cell B1 dan D1. Sehingga excel menghitung kedua nilai dari cell tersebut dan mengabaikan cell lain.

Sementara itu, untuk Data2 terdapat nilai error dalam argument yang akan dihitung yaitu pada cell G6. Oleh karena itulah Microsoft Excel mengembalikan nilai error.

Apabila kamu ingin menampilkan pesan tertentu saat terjai error maka kamu perlu menyandingkan Fungsi Sum Di Excel dengan Fungsi IFERROR Excel.

Baca Juga : Fungsi IFERROR Pada Excel

Itulah beberapa contoh dan hal-hal kecil yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Fungsi SUM Pada Microsoft Excel agar data yang kita hitung sesuai dengan harapan.

TUGAS

Nah, disini admin ingin kalian menyelesaikan contoh kasus sederhana dengan menggunakan Fungsi SUM Pada Excel.

Buat dan selesaikan perhitungan yang ada pada tabel dibawah ini.

Contoh Penggunaan Fungsi SUM Pada Excel

Baca Juga : 

Setelah mengikuti proses yang benar, mestinya hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini.

Sampai disini, admin menyaini bahwa kalian telah memahami Apa itu Fungsi Sum Excel dan kapan kita Menggunakan Fungsi Sum Dalam Excel.

Bagi kalian yang tertarik belajar Fungsi Trigonometri lainnya pada excel, silahkan kunjungi link dibawah ini.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Semoga apa yang kita pelajari hari ini, dapat bermanfaat bagi kehidupan kita dihari-hari berikutnya.

Sampai Bertemu pada tulisan admin selanjutnya.

Wassalamualaekum wr wb.


0 Response to "Fungsi Sum Di Microsoft Excel : Untuk Pemula Dengan Contoh-Contoh Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close