-->

Fungsi CEILING Pada Excel | Rumus Excel Pembulatan Kelipatan Angka Ke Atas

Rumus Ceiling Excel.- Pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini yaitu mengenai Fungsi Rumus Ceiling pada excel. Mulai dari Apa itu Fungsi Ceiling Excel?, Cara menggunakan fungsi Ceiling Pada Excel sampai Contoh Dalam Menggunakan Fungsi Ceiling Pada Excel itu sendiri.

Sebelumnya, kita juga telah belajar membulatkan angka menjadi kelipatan tertentu yang bisa dibulatkan ke arah atas, ataupun dibulatkan ke arah bawah dengan menggunakan Fungsi MROUND Excel. Namun kali ini kita akan membulatkan angka ke arah atas menjadi kelipatan tertentu yang kita inginkan yaitu dengan menggunakan Fungsi Ceiling Excel.

Fungsi Ceiling Excel Pada Excel

FUNGSI CEILING DI EXCEL

Fungsi Ceiling Excel Adalah fungsi / rumus excel yang digunakan untuk mendapatkan angka yang telah dibulatkan ke arah atas menjauhi angka nol (0) ke kelipatan tertentu yang lebih dekat.

Jika kalian ingin membulatkan angka ke arah bawah menjadi kelipatan tertentu yang kalian inginkan maka fungsi yang digunakan adalah Fungsi FLOOR Excel. Fungsi ini merupakan kebalikan dari Fungsi CEILING Excel yang kita pelajari ini.

Baca Juga : 

Sama dengan Fungsi MROUND dan Fungsi FLOOR, Fungsi Ceiling ini juga masih tergolong fungsi Math dan Trigonometry. Dimana, fungsi ini merupakan fungsi yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka pada Microsoft Excel.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI CEILING EXCEL

Dalam menggunakan fungsi Ceiling di excel tentunya memiliki sebuah atauran atau sebuah rumus yang lebih dikenal dengan istilah sintaks. Berikut ini adalah sintaks dari fungsi Ceiling Pada Excel:

=CEILING(number; significance)

Keterangan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi nilai angka yang ingin kita bulatkan.

Significance : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka kelipatan yang menjadi tujuan kita dalam membulatkan nilai number.

Baca Juga: 

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan Fungsi Ceiling Excel Adalah sebagai berikut:

  • Setiap argument harus menggunakan angka, jika menggunakan huruf maka akan error #VALUE!
  • Jika argument number bernilai positif (+) dan argument Significance / kelipatan bernilai negatif (-) maka excel akan menghasilkan error #NUM!.

Nah, agar kalian lebih memahami penggunaan fungsi ceiling excel maka silahkan kalian simak contoh yang telah admin siapkan dibawah ini.

MEMBULATKAN ANGKA KE ATAS MENJADI KELIPATAN TERTENTU

Perhatikan Contoh Fungsi Ceiling Excel berikut ini:

Contoh Fungsi Ceiling Pada Excel

Penjelasan Gambar:

Rumus yang pertama, =CEILING(B4; C4) artinya kita akan membulatkan angka pada cell B4 yaitu -4,4  ke arah atas, menjadi kelipatan terdekat berdasarkan nilai significance pada cell C4 yaitu 3. Karena nilai dari kelipatan 3 yang lebih dekat dengan angka -4,4 adalah -3, maka excel mengembalikan nilai = -3 dari rumus yang pertama.

Jika perhitungan rumus yang pertama digambar, maka gambarannya adalah seperti dibawah ini.

Cara Kerja Excel Dalam Membulatkan Kelipatan Angka Dengan Fungsi Ceiling Excel

Nilai number yang dicari adalah -4,4, maka dengan fungsi Ceiling excel akan mencari kelipatan 3 yang lebih dekat dengan nilai number tersebut. Karena kelipatan 3 yang ditemukan ke atas pertama kali adalah -3 maka excel menghasilkan nilai angka -3.

Penjelasan dari rumus berikutnya juga demikian, hanya saja kalian tinggal menyesuaikan nilai number dan nilai significance dari rungsi Ceiling yang digunakan.

Pertemuan selanjutnya kita akan membahas Fungsi FLOOR yang merupakan kabalikan dari Fungsi CEILING pada excel.

Akan tetapi, bagi kalian yang belum membaca artikel kami sebelum-sebelumnya terkait kategori Fungsi Math dan Trigonometry, maka silahkan kalian klik link dibawah ini untuk berpindah ke halaman tertentu sesuai dengan judul yang telah kalian pilih.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Terimakasih Banyak admin ucapkan bagi kalian yang telah bersedia berkunjung ke blog Kita Ngoding, semoga kalian betah membaca setiap tulisan yang admin upload disini.

Cukup sekian, wassalamualaekum wr wb.

 

0 Response to "Fungsi CEILING Pada Excel | Rumus Excel Pembulatan Kelipatan Angka Ke Atas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close