-->

FUNGSI RAND DAN FUNGSI RANDBETWEEN EXCEL | Membuat Angka Random Di Excel

Rumus Random Di Excel.- Tulisan admin berikut ini akan membahas tetang Cara Membuat Angka Acak / Random Di Excel, dengan menggunakan 2 buah fungsi yaitu Fungsi RAND Excel dan Fungsi RANDBETWEEN Excel.

Dalam bekerja menggunakan excel terutama dalam mengolah data berupa angka, ada kalanya kita ingin membuat angka acak desimal di excel guna menunjang suatu pekerjaan tertentu yang sedang kita kerjakan.

Untuk melakukannya kita membutuhkan dua fungsi yang telah admin sebutkan diatas yaitu Fungsi RAND dan Fungsi RANDBETWEEN. Kedua fungsi tersebut memiliki kesamaan dan juga memiliki perbedaan tentunya. Akan kita bahas kedua fungs ini satu persatu secara tuntas dan jelas, jadi tetap jaga focus kalian ya..

Rumus Random Angka Di Excel

FUNGSI RAND DI EXCEL

Fungsi Rand excel adalah fungsi pada excel yang digunakan untuk mengembalikan bilangan acak, bilangan yang dikembalikan bisa saja lebih besar atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Bilangan acak akan dikembalikan setiap kali cell worksheet diaktifkan / dihitung / direfresh.

Microsoft Excel menggunakan algoritma Mersenne Twister (MT19937) untuk menghasilkan angka acak (random). Algoritma ini mulai digunakan pada Versi Microsoft Excel 2010 keatas.

Bagi kalian yang penasaran tetang apa itu Algoritma Mersenne Twister?, mungkin admin akan bahas pada kesematan yang lain. Sekarang kita focus dulu  tentang bagaimana cara membuat angka random pada excel.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI RAND PADA EXCEL

Perhatikan rumus atau sintaks dari Fungsi RAND Excel berikut ini:

=RAND()

Pernjelasan :

Rumus Fungsi Rand Excel memang tidak memiliki sebuah argument, kita hanya memasukkan rumus tersebut pada cell tertentu pada excel. lalu kemudian excel akan menghasilkan angka random pada cell tersebut.

Angka acak / random yang dihasilkan oleh excel akan selalu berubah ketika cell dihitung atau diaktifkan. Akan tetapi hal ini bisa kita atasi dengan menekan Tombol F9 pada keyboard saat kursor berada pada bagian tengah tanda kurung “()”, hal ini akan menghasilkan angka random yang tidak berubah meskipun kalian sering melakukan perhitungan pada cell worksheet.

CARA MEMBUAT BILANGAN RANDOM DI EXCEL

Berikut ini adalah contoh penggunaan Fungsi Rand Pada Excel, perhatikan gambar berikut:

CARA MEMBUAT BILANGAN RANDOM DI EXCEL

Penjelasan gambar:

Seperti yang kalian lihat, semua angka random pada contoh diatas dihasilkan oleh rumus =RAND() sehingga menghasilkan angka random / acak yang berbeda-beda.

Adapun angka random pada blog warna merah muda itu adalah hasil dari rumus Rand yang telah diatur dengan menekan tombol F9 pada keyboard =RAND(‘Tekan Tombol F9 Disini’).

Sangat mudah bukan?

Sekarang bagaimana jika kita membutuhkan angka acak / random dengan range angka yang kita tentukan sendiri. Nah, untuk melakukannya kita membutuhkan fungsi RANDBETWEEN. Berikut ini adalah penjelasan dari admin tetang fungsi RANDBETWEEN pada Microsoft Excel.

FUNGSI RANDBETWEEN EXCEL

Fungsi Randbetween excel adalah fungsi pada Microsoft excel yang digunakan untuk mengembalikan bilangan acak diantara angka-angka yang kita tentukan.

Fungsi randbetween ini hampir sama dengan fungsi rand, hanya saja sesuai deskripsi bahwa dengan fungsi randbetween kita dapat menentukan batas angka atas dan batas angka bawah dari bilangan random yang akan dimunculkan.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI RANDBETWEEN

Rumus atau sintaks dari fungsi RANDBETWEEN adalah sebagai berikut:

=RANDBETWEEN(bottom; top)

Penjelasan Sintaks:

Bottom : bersifat wajib harus ada, argument ini digunakan untuk menentukan pengembalian bilangan bulat terkecil.

Top : bersifat wajib harus ada, argument ini digunakan untuk menentukan pengembalian bilangan bulat terbesar.

Agar lebih jelas lagi, kita lansung saja ke contoh penggunaan dari fungsi rendbetween dibawah ini.

CONTOH FUNGSI RANDBETWEEN EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI RANDBETWEEN EXCEL

Penjelasan:

Dari gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa, Fungsi RANDBETWEEN Excel dapat memgembalikan angka random diantara batasan angka yang telah kita tentukan. Setiap kali cell melakukan perhitungan maka fungsi tersebut akan menghasilkan angka lain.

Hal tersebut dapat dicegah dengan menekan tombol F9 didalam tanda kurung “( )” setelah memasukkan kedua argument Fungsi Randbetween. Contohnya dapat kalian lihat pada blog warna merah muda pada gambar.

KESIMPULAN:

  • Gunakan Fungsi RAND Excel jika kalian membutuhkan angka acak pada excel dengan ketentuan algoritma yang ada pada excel.
  • Gunakan Fungsi RANDBETWEEN Excel jika kalian memubutuhkan angka acak pada excel dengan batas-batas angka yang telah kalian tentukan sebelumnya.

Cukup sekian dulu pembahasan kita pada kesempatan yang mulai ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari.

Kunjungi juga tulisan admin lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik, linknya telah admin siapkan dibawah ini sehingga kalian cukup tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman tertentu sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Sampai jumpa lagi pada halaman berikutnya dan Terimakasih Banyak admin ucapkan kepada kalian karena telah bersedia meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Wassalamualekum wr wb.

 

0 Response to "FUNGSI RAND DAN FUNGSI RANDBETWEEN EXCEL | Membuat Angka Random Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close