-->

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL : Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Subtotal Excel.-  Pada halaman ini kita akan belajar fungsi Subtotal pada excel mulai dari pengertian Fungsi Subtotal Pada Microsoft Excel, bagaimana Cara Menggunakan Fungsi Subtotal Di Excel serta contoh dari fungsi subtotal excel itu sendiri.

Fungsi Subtotal Excel

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi Subtotal Pada Excel adalah salah satu fungsi yang tergolong Fungsi Math dan Trigonometry yang digunakan untuk menghitung nilai subtotal sebuah table / range data / database di excel.

Fungsi Subtotal ini memiliki banyak kemampuan seperti yang dimiliki oleh fungsi lain seperti Fungsi AVERANGE, COUNT, COUNTA, MAX, MIN, PRODUCT, STDEV, STDEVP, SUM, VAR, VARP. Jika ditotal, terdapat 11 fungsi yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan Fungsi SUBTOTAL dan kita bisa memilih fungsi yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Subtotal Pada Microsoft Excel juga akan mengabaikan filter data yang telah kita setting sebelumnya dan excel hanya akan menghitung nilai-nilai yang terlihat saja dan mengabaikan cell yang disembunyikan dengan menggunakan kode angka tertentu.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL

Sintaks dari fungsi SUBTOTAL adalah sebagai berikut:

=SUBTOTAL(function_num;ref1;ref2..)

Penjelasan sintaks:

Function_num adalah argument yang berisikan kode angka 1-11 atau 101-111 yang akan menentukan bahwa kita akan memanfaatkan salah satu dari 11 fungsi pada excel. Adapun 11 kode angka tersebut ialah:

  1. Angka 1 atau 101 artinya akan menggantikan fungsi AVERANGE yang biasa digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari sebuah range data.
  2. Angka 2 atau 102 artinya akan menggantikan fungsi COUNT yang biasa digunakan untuk menghitung cell pada excel yang bernilai angka / numeric dan mengabaikan cell kosong.
  3. Angka 3 atau 103 artinya akan menggantikan fungsi COUNTA yang biasa digunakan untuk menghitung keseluruhan cell pada excel yang tidak kosong.
  4. Angka 4 atau 104 artinya akan menggantikan fungsi MAX yang biasa digunakan untuk mendapatkan nilai maksimum dari sebuah range data pada excel.
  5. Angka 5 atau 105 artinya akan menggantikan fungsi MIN yang biasa digunakan untuk mendapatkan nilai minimum dari sebuah range data pada excel
  6. Angka 6 atau 106 artinya akan menggantikan fungsi PRODUCT yang biasa digunakan untuk menghitung nilai perkalian dari cell excel.
  7. Angka 7 atau 107 artinya akan menggantikan fungsi STDEV yang biasa digunakan untuk menghasilkan standart deviasi dari sebuah populasi berdasarkan angka sample.
  8. Angka 8 atau 108 artinya akan menggantikan fungsi STDEVP yang biasa digunakan untuk menghasilkan standart deviasi berdasarkan angka populasi.
  9. Angka 9 atau 109 artinya akan menggantikan fungsi SUM yang biasa digunakan untuk menghasilkan nilai dari penjumlahan referensi cell yang diberikan.
  10. Angka 10 atau 110 artinya akan menggantikan fungsi VAR yang biasa digunakan untuk memperkirakan variasi populasi berdasarkan angka sample yang diberikan.
  11. Angka 11 atau 111 artinya akan menggantikan fungsi VARP yang biasanya digunakan untuk memperkirakan variasi populasi berdasarkan angka populasi.

Ref1 adalah argument yang berisikan alamat cell atau range data pada excel yang akan dihitung berdasarkan kode perhitungan yang telah dipilih.

Ref2 adalah argument yang berisikan alamat cell atau range data seperti ref1, hanya saja ref1 bersifat wajib sementara ref2 sampai ref 254 bersifat opsional.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Supaya lebih jelas, kita akan lanjutkan dengan contoh penggunaan dari Fungsi SUBTOTAL tersebut.

CONTOH FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI SUBTOTAL PADA EXCEL 1

Pada contoh gambar diatas, admin menggunakan kode angka 9 dan 109. Kedua kode angka tersebut sama-sama melakukan penjumlahan terharap nilai reference yang diberikan yaitu D2:D9.

Prilaku  kedua kelompok kode angka tersebut juga memiliki kesamaan terhadap data yang telah difilter. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI SUBTOTAL PADA EXCEL 2

Contoh gambar yang kedua ini adalah data yang sama dengan contoh gambar yang pertama, hanya saja contoh kedua ini datanya telah admin berikan filtering berdasarkan Jenis tertentu yaitu “Pertukangan”. Dan dapat kita lihat kedua rumus tersebut mengembalikan nilai yang sama meskipun menggunakan kode angka yang berbeda.

PERBEDAAN KODE ANGKA 1-11 DENGAN KODE ANGKA 101-111 FUNGSI SUBTOTAL EXCEL

Walaupun memiliki kesamaan kedua kode tersebut memiliki perbedaan tentunya. Perbedaan antara kode 1-11 dengan kode 101-111 adalah sebagai berikut:

  • Kode 1-11 akan mengabaikan nilai terfilter namun tetap menghitung baris data atau cell yang disembunyikan secara menual.
  • Kode 101-111 akan mengabaikan semua nilai baris/cell yang disembunyikan baik karena terfilter maupun cell excel yang disembunyikan secara manual.

Kemampuan

Kode Angka    1-11

Kode Angka 101-111

Mengabaikan nilai yang terfilter

Benar

Benar

Mengabaikan nilai yang disembunyikan secara manual

Tidak

Benar

Supaya mempermudah kalian dalam memahami perbedaan antara dua kelompok kode angka tersebut diatas, silahkan perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI SUBTOTAL PADA EXCEL 3

Berbeda dengan kedua contoh sebelumnya, contoh yang ketiga ini mengembalikan nilai yang berbeda antara satu dengan yang lain. Kenapa demikian? Karena Jenis Peralatan “Pertukangan” telah admin sembunyikan secara manual dengan cara sebagai berikut:

01. Seleksi cell yang akan di sembunyikan / di Hide.

02. Klik kanan -  Plih Hide.

03. Selesai

Cara Menyembunyikan Cell

Untuk mengembalikan cell yang telah di Hide atau disembunyikan sebelumnya, kalian cukup memilih pilihan Unhide setelah kalian klik kanan.

Sampai disini admin yakin kalian telah memahami cara menggunakan fungsi subtotal pada excel serta perbedaan antara dua kelompok kode angka yang ada pada fungsi subtotal excel.

Sekian dulu untuk pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari. Aamiin

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin pada halaman yang lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL : Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Klik judul aritikel diatas untuk berpindah ke halaman yang sesuai.

Terimakasih banyak dan sampai jumpa pada halaman berikutnya.

 


0 Response to "FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL : Lengkap Dengan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close