-->

Fungsi DATEVALUE Pada Excel Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya Di Excel

Rumus Datevalue Excel.- Sekarang ini, admin akan membahas mengenai Fungsi DATEVALUE Pada Excel yang merupakan salah satu dari fungsi tanggal dan waktu. Disini, admin akan menjelaskan fungsi datevalue excel mulai dari pengertiannya, cara menggunakan fungsi datevalue excel dan contoh penggunaan fungsi datevalue excel.

Sebelum itu, admin ingin memberitahukan bahwa tulisan admin sebelumnya tentang Fungsi Date Excel juga menarik untuk dibaca sebelum kalian belajar Fungsi Datevalue Excel. Tapi jika kalian merasa sudah paham tentang fungsi date maka silahkan dilanjutkan saja.

FUNGSI DATEVALUE PADA EXCEL

Fungsi Datevalue Excel Adalah fungsi pada excel yang digunakan untuk mengkonversi tanggal menjadi nomor seri berupa teks.

Secara default penanggalan pada excel dimulai dari tanggal 01/01/1900 yang memiliki nomor seri sama dengan satu (1). Nomor seri ini akan terus bertambah seiring berdasarkan jumlah hari yang terlewati dari tanggal tersebut. Contohnya, Tanggal 02/01/1900 nomor seri = 2, Tanggal 05/01/1900 nomor seri = 5 dan seterusnya, jadi dalam satu tahun nomor seri tersebut akan bertambah kira-kira sebanyak 365.

Note : Jumlah hari dalam satu tahun sekitar 365 hari namun terkadang bisa lebih dari itu. Setelah admin mencoba untuk mencari tahu di google, al-hasil admin mendapatkan informasi bahwa 1 Tahun = 365.25 hari.

Baca Juga : RUMUS DATE DI EXCEL

Setelah mengetahui pengertian dan cara menghitung nomor seri yang dihasilkan oleh fungsi datevalue di excel, maka saatnya kita mengetahui cara menggunakan fungsi tersebut. Simak terus penjelasan admin berikut.

CARA MENGGUNAKAN RUMUS DATEVALUE DI EXCEL

Setiap fungsi yang ada pada Microsoft Excel memiliki atauran dalam penggunaannya, begitu juga dengan fungsi datevalue excel ini, bahkan fungsi tersebut masuk dalam salah satu fungsi dengan penggunaan termudah versi blog Kita Ngoding. Tidak percaya? Perhatikan penjelasan admin dibawah.

Rumus Datevalue Pada Excel

Bentuk rumus/sintak fungsi datevalue adalah sebagai berikut:

=DATEVALUE(date_text)

Keterangan:

date_text adalah argument yang berisikan teks berupa tanggal, bulan, tahun dalam format penggalan excel. argument ini dapat ditulis langsung pada rumus ataupun berdasarkan referensi cell.

Fungsi Datevalue Pada Excel

Baca Juga : 

Walau hanya memiliki satu argument dan terlihat sangat mudah dalam penggunaannya, sebaiknya kalian harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan fungsi ini. Beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Argument date_text tidak boleh dikosongkan, jika dikosongkan maka excel akan terus meminta untuk mengisi nilai argument date_text.
  • Secara default penganggalan pada Microsoft Excel untuk Windows adalah 1 Januari 1900 sampai 31 Desember 9999. Jika kalian memasukkan tanggal diluar rentang penanggalan tersebut maka fungsi datevalue excel akan mengembalikan nilai error #VALUE!.
  • Jika bagian tahun tidak ditulis atau tidak lengkap maka excel akan mengambil tahun saat ini yang tertera dikomputer kalian.
  • Tulis format tanggal didalam tanda petik dua (“..”). Contoh, =DATEVALUE("07/12/2021") dan sebagainya.
  • Semenjak tanggal 01/01/1900 hingga sekarang, nomor seri yang dihasilkan secara otomatis berurutan dari hari ke hari.

Mungkin masih ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi datevalue di excel yang tidak admin sebutkan. Jika kalian merasa ada yang kurang, silahkan kalian berikan komentar pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah, Oke..

Sekarang kita lanjutkan ke contoh penggunaan dari fungsi datevalue.

BEBERAPA CONTOH MENGGUNAKAN RUMUS DATEVALUE EXCEL

Admin telah telah menyiapkan beberapa contoh penggunaan fungsi datevalue excel, diantaranya adalah sebagai beriktu:

Contoh Fungsi Datevalue Dengan Format Tanggal Lengkap (DD/MM/YYYY).

Contoh Fungsi Datevalue Dengan Format Tanggal Lengkap (DD/MM/YYYY).

Seperti yang telihat pada contoh kasus dengan gambar diatas, kita bisa menulis penanggalan secara lansung pada rumus dengan menggunakan format tanggal “dd/mm/yyyy” atau “yyyy/mm/dd” seperti pada rumus nomor 1 dan 2.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan format penanggalan yang telah ditetapkan oleh Microsoft Excel lainnya. untuk mengetahui format penanggalan yang digunakan oleh Microsoft kalian bisa lihat di bagian Format Cells.

Contoh Fungsi Datevalue Excel Untuk Hari Dan Bulan Tanpa Memasukkan Format Tahun.

Contoh Fungsi Datevalue Excel Untuk Hari Dan Bulan Tanpa Memasukkan Format Tahun.

Untuk gambar diatas, admin mencontohkan menggunakan fungsi datavalue hanya menggunakan hari dan bulan saja tanpa tahun. Disini yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Jika hari dan bulan ditulis secara berurutan “dd/mm” maka excel akan mengambil tahun saat ini sesuai dengan tahun pada leptop/Pc kalian.

Jika hari dan bulan ditulis terbalik “mm/dd” seperti yang tertulis pada rumus nomor 5, 6 dan 7 maka excel akan menganggap tanggal “dd” adalah angka akhiran tahun terdekat dari tahun sekarang. Contoh, =DATEVALUE("Desember 07") diartikan =DATEVALUE("01 Desember 2007") dan akan mengembalikan nomor seri dari tanggal tersebut.

Contoh Fungsi Datevalue Excel Untuk Hari, Bulan Dan Tahun Dalam Cell Yang Terpisah.

Contoh Fungsi Datevalue Excel Untuk Hari, Bulan Dan Tahun Dalam Cell Yang Terpisah.

Seperti yang kalian lihat pada gambar, kita juga bisa mendapatkan nomor seri tanggal meskipun penanggalan yang ada ditulis dalam cell yang terpisah dengan memanfaatkan Fungsi CONCATENATE Excel yaitu fungsi yang memang digunakan untuk menggabungkan teks pada excel.

Jadi cara kerjanya yaitu, excel akan menggabungkan hari, bulan dan tahun yang terpisah terlebih dahulu sehingga menghasilkan format panggalan yang sesuai dengan ketentuan excel. Kemudian excel akan mengembalikan nomor seri dari tanggal yang telah digabungkan itu.

MENGEMBALIKAN NOMOR SERI TANGGAL TANPA MENGGUNAKAN RUMUS EXCEL

Ternyata kita dapat menampilkan nomor seri suatu tanggal di excel tanpa menggunakan rumus Datevalue. Berikut ini adalah cara untuk menampilkan nomor seri tanggal tanpa rumus:

  1. Tulis tanggal disalah satu cell di excel kemudian Enter.
  2. Pilih cell yang berisi tanggal yang telah dibuat tadi.
  3. Pada Tab Menu Home – Group Number – Number Format – Pilih General.

MENGEMBALIKAN NOMOR SERI TANGGAL TANPA MENGGUNAKAN RUMUS EXCEL

Setelah cara-cara diatas dilakukan, maka harusnya kalian telah memunculkan nomor seri tanggal pada cell yang dipilih seperti gambar dibawah.

MENGEMBALIKAN NOMOR SERI TANGGAL TANPA MENGGUNAKAN RUMUS EXCEL

Sampai disini admin menyakini bahwa kalian telah dengan mudah memahami bagaimana memunculkan nomor seri tanggal pada excel, baik menggunakan rumus maupun tanpa menggunakan rumus sama sekali.

Dan jika terdapat penjelasan dari admin yang kurang jelas atau mungkin ada yang memang kalian ingin tanyakan kepada admin, maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Selanjutnya silahkan kalian kembangkan sendiri mengenai penggunaan dari fungsi datevalue excel sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya yang masih berkaitan dengan fungsi tanggal dan waktu. Linknya telah admin siapkan dibawah ini:

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada tulisan-tulisan admin berikutnya.

Wassalamualekum wr wb.


0 Response to "Fungsi DATEVALUE Pada Excel Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close