-->

Fungsi TIMEVALUE Pada Excel

Fungsi TIMEVALUE Excel.- Pada halaman ini, admin ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang salah satu Formula Excel pengolah tanggal dan waktu, yakni Fungsi Timevalue Pada Excel, Mulai dari:

  • Pengertian Fungsi Timevalue Pada Excel.
  • Cara Menggunakan Fungsi Timevalue Dalam Excel.
  • Beberapa Contoh Penggunaan Fugnsi Timevalue Excel.

Simak penjelasan dari admin berikut ini hingga akhir, supaya kalian tidak tersesat kedalam lembah kesesatan saat menggunakan Fungsi Timevalue Excel ini. 😁😁

FUNGSI TIMEVALUE PADA EXCEL

Fungsi Timevalue Pada Excel Adalah Fungsi pada excel yang digunakan untuk Mengembalikan atau mengkonversi Angka desimal dari waktu yang dinyatakan string teks menjadi nilai desimal nol (0) hingga 0,99988426.

Jika pada pembahasan Fungsi Time Excel sebelumnya, admin menyampaikan cara mengkonversi tanggal dan waktu menjadi sebuah nomor seri dengan hanya mengubah number formatnya menjadi General maka kali ini kita akan melakukannya dengan menggunakan Rumus Fungsi TIMEVALUE Excel.

Kelebihan menggunakan rumus untuk menghasilkan nomor seri waktu adalah dapat membuat proses konversi waktu ke nomor seri menjadi lebih efektif dan efisien dalam mengolah data yang begitu banyak.

Itulah fungsi rumus timevalue excel yang akan kita pelajari hari ini, dan sekarang kita meluncur ke cara menggunakan fungsi tersebut.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI TIMEVALUE PADA EXCEL

Untuk struktur sintaks/rumus dari fungsi timevalue sendiri tergolong cukup simple. Karena hanya memiliki satu argument saja. Adapun bentuk rumusnya adalah sebagai berikut ini:

=TIMEVALUE(“time_text”)

Ket:

time_text : Argument yang berisikan data waktu dalam bentuk string atau teks yang akan dikonversi menjadi nomor seri.

Fungsi Timevalue Pada Excel

Baca Juga :

Dalam menggunakan fungsi timevalue ini, terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu:

  • Penulisan argument time_text haruslah ditulis didalam tanda petik dua (“ “) yang menyatakan bahwa waktu yang dimasukkan bernilai string.
  • Fotmat penulisan time_text mengikuti format penulisan waktu yang dibenarkan oleh Microsoft Excel seperti format 12 jam h:mm:ss AM/PM (contoh: 10:00:00 AM) dan format 24 jam h:mm:ss (contoh: 22:00:00).
  • Nomor seri yang dihasilkan oleh rumus timevalue excel berdasarkan perhitungan pembagian nilai 1 hari menjadi 24 Jam (1/24 = 0.041666 Per-Jam, 0.041666/60 =0,000694 Per-Menit).

Sekarang kita lanjutkan ke contoh dalam menggunakan fungsi timevalue excel, supaya kita lebih memahami cara penggunaan fungsi ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TIMEVALUE EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TIMEVALUE EXCEL

Dari gambar diatas memperlihatkan bagaimana mudahnya penggunaan fungsi timevalue excel, kita tinggal memasukkan waktu dalam rumus yang sebelumnya diapit dalam tanda kutip dan hasilnyapun bisa kita lihat.

Sementara jika kalian ingin memunculkan nomor seri waktu berdasarkan referensi cell tertentu maka caranya adalah sebagai berikut.

Menggabungkan Fungsi TIME dan Fungsi TEXT Excel

Menggabungkan Fungsi TIME dan Fungsi TEXT Excel

Contoh diatas adalah cara mendapatkan nomor seri waktu berdasarkan sebuah referensi cell tertentu. Hal ini mungkin saja kalian perlukan saat ini atau dikemudian hari untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang kalian hadapi.

Baca Juga : Fungsi Text Di Excel

Jadi admin rasa kalian juga perlu mengetahui cara mengkombinasikan antara fungsi TIME dan Fungsi Text Excel. Atau bisa saja dikombinasikan dengan fungsi date and time lainnya dalam mengolah suatu penanggalan data.

Admin rasa cukup sekian pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita secara pribadi dan secara bermasyarakat.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya terkait fungsi date and time, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya.

Wassalamualekum wr wb.  


0 Response to "Fungsi TIMEVALUE Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close