-->

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS Excel-. Formula Excel yang akan admin bahas pada hari yang baik ini adalah tentang Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel yang merupakan fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung hari kerja. Fungsi ini masih tergolong ke dalam fungsi date and time seperti Fungsi Now, Today, Time, dan masih banyak lagi lainnya, nanti admin taruh linknya dibagian bawah artikel.

Apa itu Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel?

Fungsi Networkdays Pada Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja antara tanggal satu dengan tanggal lain yang kita tentukan sebelumnya dengan mengabaikan / tidak menghitung hari akhir pekan (Hari sabtu dan minggu) dan hari libur tertentu yang dimasukkan dalam rumus.

Bagi kalian yang ingin mengatur hari pekan apa saja yang perlu untuk di hitung dan tidak dihitung, maka gunakan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel. Fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutnya.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI NETWORKDAYS DI MICROSOFT EXCEL

Berikut ini adalah bentuk struktur sintaks/rumus dari Fungsi Networkdays Pada Excel.

=NETWORKDAYS(start_date; end_date; [holidays])

Ket:

  • Start_date : argument ini harus ada, argument start_date berisi tanggal yang menujukkan tanggal mulai.
  • End_date : argument ini harus ada, argument start_date berisi tanggal yang menunjukkan tanggal akhir.
  • Holidays : argument ini bersifat opsional, argument ini berisikan tanggal yang menunjukkan hari libur. Baik terdiri dari satu tanggal atau lebih, sebagai pengecualian dari kalender hari kerja.

Jika tanggal yang dimasukkan pada masing-masing argument merupakan penanggalan yang tidak valid, maka excel akan mengembalikan nilai error #VALUE! #REF!.

Tanggal yang dimasukkan pada argument tidak boleh bernilai teks / string. Akan tetapi, bila kalian memasukkan tanggal secara langsung pada rumus menggunakan string maka kalian harus menggunakan tanda petik dua (“ “) untuk mengapit tanggal yang kalian masukkan.

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel

Baca Juga: 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NETWRODKDAYS PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NETWRODKDAYS PADA EXCEL

Yang perlu di perhatikan pada gambar diatas adalah tanggal mulai bekerja pada cell E12, tanggal terakhir bekerja pada cell E14 dan hari libur pada range A13 sampai A14, dimana argument itu lah yang dibutuhkan dalam rumus Fungsi NETWORKDAYS Di Microsoft Excel.

Dan hasil dari rumus =NETWORKDAYS(E12;E14;A13:A14) adalah 19, itu karena rentang antara tanggal start_date (01/01/2022) dengan end_date (31/01/2022) yaitu 31 hari, dikurangi dengan hari weekend (sabtu dan minggu) dan hari libur yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jika kalian ingin mengatur hari weekend hanya pada hari minggu atau hari lainnya maka gunakan fungsi NETWORKDAYS.INTL pada excel, fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutknya.

Admin rasa pembahasan kita mengenai Fungsi NETWORKDAYS Excel sudah cukup sampai disini. Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin lainnya. linknya telah admin siapkan dibawah ini, jadi kalian tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman berikutnya.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi kehidupan kita secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Sampai jumpa pada ppembahasan lainnya yang pasti tidak kalah penting dan seru.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close