-->

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Rumus Networkdays.INTL Excel.- Pada halaman ini kita akan belajar tentang Fungsi NETWORKDAYS.INTL Di Excel. Formula Excel  ini merupakan lanjutan dari pembahasan Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel yang telah kami bahas pada halaman sebelumnya.

Perbedaan antara Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel dengan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel adalah terletak pada pengaturan akhir pekan saja, selebihnya kedua fungsi ini sama-sama dapat digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal yang dimasukkan.

Dan untuk Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel ini hanya dapat digunakan pada Microsoft Excel Versi 2010 ke atas, jadi bagi kalian yang masih pakai excel 2007 ke bawah maka dapat dipastikan kalian tidak akan pernah bisa memanfaatkan fungsi ini.

Lebih jelasnya, mari simak pengertian lengkap dari fungsi networkdays berikut ini.

FUNGSI NETWORKDAYS.INTL PADA EXCEL

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal dengan mempertimbangkan jumlah dan hari akhir pekan apa yang dimaksudkan.

Jadi dengan menggunakan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Di Excel ini, kita dapat dengan mudah mengatur hari yang akan kita jadikan sebagai hari akhir pekan serta jumlahnya (antara 1 – 2 hari).

Menurut admin sendiri, fungsi networkdays.intl ini lebih rekomendit digunakan dari pada fungsi networkdays excel. Itu karena fungsi networkdays excel menetapkan bahwa hari weekend/akhir pekan adalah 2 hari (sabtu dan minggu).

Sementara itu, dalam dunia kerja yang admin ketahui terdapat banyak sekali perusahaan yang hanya libur weekend hanya satu hari saja dan bahkan hari libur weekendnya pun di geser ke hari yang lain alias tidak harus dihari sabtu dan minggu.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI NETWORKDAYS.INTL PADA EXCEL

Berikut ini adalah struktur sintaks/rumus dari Fungsi Networkdays.Intl Excel.

Rumus Fungsi Networkdays.Intl Excel

=NETWORKDAYS.INTL(start_date; end_date; [weekend]; [holidays])

Ket:

Start_date : argument ini harus ada, argument ini berisi tanggal yang menunjukkan tanggal mulai bekerja.

End_date : argument ini harus ada, argument ini berisi tanggal yang menunjukkan tanggal akhir bekerja.

[weekend] : argument ini bersifat opsional, argument ini berisi angka 1 – 7 atau 11 - 17 yang menunjukkan hari-hari dalam seminggu yang akan dijadikan sebagai hari akhir pekan. Jika argument ini dikosongkan/tidak isi maka excel akan menggap argument weekend bernilai 1.

Keterangan dari nilai angka 1 – 7 dan 11 - 17 adalah sebagai berikut:

  • Angka 1 artinya Sabtu, Minggu
  • Angka 2 artinya Minggu, Senin
  • Angka 3 artinya Senin, Selasa
  • Angka 4 artinya Selasa, Rabu
  • Angka 5 artinya Rabu, Kamis
  • Angka 6 artinya Kamis, Jum’at
  • Angka 7 artinya Jum’at, Sabtu
  • Angka 11 artinya Hanya Minggu
  • Angka 12 artinya Hanya Senin
  • Angka 13 artinya Hanya Selasa
  • Angka 14 artinya Hanya Rabu
  • Angka 15 artinya Hanya Kamis
  • Angka 16 artinya Hanya Jum’at
  • Angka 17 artinya Hanya Sabtu

[holidays] : argument ini bersifat opsional, argument ini terdiri dari satu atau lebih tanggal yang merupakan hari libur yang telah ditetapkan selain hari weekend, baik ditulis secara langsung pada rumus ataupun berdasarkan referensi alamat cell yang berisi tanggal yang valid.

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi networkdays.intl adalah sebagai berikut:

  • Argument start_date dan end_date harus berada didalam rentang untuk nilai basis tanggal saat ini, jika tidak maka excel akan mengembalikan nilai error #NUM!.
  • Argument holidays harus berisikan tanggal dalam rentang start_date dengan end_date, jika tidak maka tanggal tersebut tidak akan dihitung.
  • Argument weekend harus bernilai antara 1 – 7 atau 11 – 17, jika tidak maka excel akan mengembalikan nilai error #VALUE! #REF!.

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel

Baca Juga: 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NETWORKDAYS.INTL PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NETWORKDAYS.INTL PADA EXCEL

Pada gambar diatas, admin telah menyiapkan beberapa contoh yang dapat kalian pelajari dalam memahami penggunaan fungsi networkdays.intl ini, contoh-contoh tersebut antara lain:

  • Argument ditulis langsung pada rumus
  • Argument berdasarkan referensi alamat cell
  • Kesalahan yang perlu di hindari dalam menggunakan fungsi networkdays.intl

Selain contoh diatas, admin juga telah menyiapkan contoh lainnya yang mudah-mudahan bisa membuat kalian lebih memahami penggunaan fungsi networkdays.intl ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NETWORKDAYS.INTL PADA EXCEL

Terlihat pada gambar bahwa admin menggunakan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Di Excel dengan nilai start_date = 01/01/2022, nilai end_date = 31/01/2022, nilai weekend = 11 (Hari Minggu Saja), dan nilai holidays = A13:A15 (referensi cell A13 sampai A15) hingga hasil akhirnya sama dengan 23.

Demikianlah pembahasan tentang Fungsi Neworkdays.intl Pada Excel yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga apa yang kita pelajari sekarang ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya terkait fungsi date and time, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada halaman berikutnya dengan pembahasan yang berbeda dan tidak kalah menarik.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close