-->

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Excel.- Yang akan admin bahas pada halaman ini ialah Fungsi EOMONTH Pada Excel. Disini admin akan membahas Formula Excel yang satu ini mulai dari:

  • Fungsi EOMONTH Pada Excel
  • Cara Menggunakan Fungsi EOMONTH Pada Excel
  • Contoh Penggunaan Fungsi EOMONTH Di Excel.

Simak terus penjelasan admin hingga akhir dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL

Fungsi Eomonth Pada Excel adalah fungsi pada excel yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data tanggal dengan mengembalikan nomor seri tanggal terakhir dari jumlah bulan sebelum atau setelah tanggal yang kita tentukan.

Misalnya, kita menentukan tanggal 02/01/2022 dan kita akan menampilkan tanggal terakhir dari bulan ke-5 setalah tanggal tersebut. Maka nomor seri yang dihasilkan adalah 44742 dan jika nomor seri tersebut diubah formatnya ke bentuk Date hasilnya 30/06/2022.

Jika kalian menginginkan tanggal yang dihasilkan sama dengan tanggal sebelumnya walaupun jumlah bulannya berbeda karena telah di konversi ke bulan tertentu maka gunakan Fungsi EDATE Pada Excel, fungsi ini telah kita bahas pada halaman sebelumnya.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL

Bentuk rumus antara Fungsi EDATE dan Fungsi EOMONTH Excel memiliki kemiripan, hanya saja nama fungsinya yang berbeda.

Perhatikan sintak/rumus fungsi eomonth excel berikut ini.

=EOMONTH(start_date; months)

Ket:

Start_date : argument ini harus ada, argument ini berisi tanggal mulai yang menjadi dasar perhitungan. Argument ini dapat ditulis secara langsung pada rumus dalam tanda petik dua ataupun berdasarkan referensi alamat cell yang berisi tanggal.

Months : argument ini harus ada, argument ini berisi angka yang menunjukkan jumlah bulan sebelum atau setelah tanggal mulai. Jika angka yang dimasukkan bernilai posisit maka Fungsi EOMONTH Excel akan mengembalikan tanggal terakhir dari bulan yang akan datang. Sebaliknya jika bernilai negative maka akan mengembalikan tanggal terakhir dari bulan sebelumnya.

FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL

Baca Juga : 

Sekarang, mari kita lanjutkan ke contoh Fungsi Eomonth Pada Excel supaya lebih memahami penggunaannya dalam dunia kerja.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar yang telah admin siapkan dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL

Dari gambar diatas, kita bisa melihat bahwa menggunakan Fungsi EOMONTH Pada Excel sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan tanggal mulai dasar perhitungan serta jumlah bulan sebelum atau setelah tanggal mulai dan memasukkan kedua argument tersebut dalam rumus.

Rumus ke-1 dan ke-2 mengembalikan tanggal terakhir dari bulan tertentu setelah bulan tanggal mulai, itu karena nilai argument months bernilai positif.

Sedangkan rumus ke-3 dan ke-4 mengembalikan tanggal terakhir dari bulan tertentu sebelum bulan tanggal mulai, itu karena nilai argument months bernilai negative.

Argument start_date harus merupakan penanggalan yang valid sesuai dengan ketentuan Microsoft Excel, jika tidak maka tentu akan menghasilkan nilai error.

Untuk mengetahui nomor seri yang dihasilkan merujuk ke tanggal dan bulan ke berapa, maka kalian dapat merubah format numbernya menjadi Date. Ini juga sudah kita bahas pada pembahasan sebelumnya terkait Fungsi EDATE Pada Excel.

Admin rasa pembahasan kita mengenai Fungsi EOMONTH Pada Excel sudah cukup jelas, jadi admin pamit undur diri dulu. Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan keberkahan bagi hidup kita.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin tentang fungsi date and time lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada pembahasan lainnya, yang InsyaAllah tidak kalah menarik dan bermanfaat.

Wassalamualekum wr. wb.

FUNGSI EOMONTH PADA EXCEL
FUNGSI EOMONTH EXCEL

0 Response to "Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close