-->

Fungsi WORKDAY Pada Excel : Menghasilkan Nomor Seri Tanggal Jatuh Tempo

Fungsi Workday Excel.- Tulisan admin pada halaman ini yaitu akan membahas tetang Fungsi WORKDAY Pada Excel. Cara kerja dari Formula Excel yang satu ini mirip dengan Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel yang telah kita bahas pada halaman sebelumnya.

Perbedaan antara Fungsi WORKDAY Excel dengan Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel yang paling menonjol adalah hasil yang dikembalikan oleh masing-masing fungsi tersebut. Jika fungsi workdays mengembalikan nilai tanggal akhir jatuh tempo maka fungsi networkdays mengembalikan nilai jumlah hari jatuh tempo.

Selengkapnya akan kita bahas lebih detail dibawah ini, jadi tetaplah Bersama kami hingga paragraf terakhir dari artikel ini. 😊 😊

FUNGSI WORKDAY PADA EXCEL

Fungsi Workday Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengembalikan nomor seri dari tanggal tertentu baik sebelum atau setelah tanggal mulai yang menjadi dasar perhitungan. Jumlah hari kerja tidak termasuk hari weekend (sabtu dan minggu) serta jumlah hari libur.

Jika kalian menghendaki bahwa hari weekend bisa diatur menjadi satu hari saja atau hari weekend digeser ke hari lain dan sebagainya, maka gunakan Fungsi WORKDAY.INTL Pada Excel. Fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutnya.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI WORKDAY EXCEL

Berikut ini adalah sintaks/rumus dari fungsi workdays pada excel.

=WORKDAY(start_date; days; [holidays])

Ket:

Start_date : argument ini harus ada, argument ini berisi tanggal yang menunjukkan tanggal mulai perhitungan.

Days : argument ini harus ada, argument ini berisi angka yang menunjukkan jumlah hari kerja, tidak termasuk hari akhir pekan dan hari libur.

[holidays] : argument ini bersifat opsional, argument ini berisi satu atau lebih tanggal hari libur.

Fungsi WORKDAYS Pada Excel

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan fungsi workdays excel ini adalah tanggal yang digunakan haruslah valid.

Baca Juga: 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI WORKDAY PADA EXCEL

Perhatikan contoh penggunaan Fungsi Workday Pada Excel.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI WORKDAYS PADA EXCEL

Dari contoh gambar diatas, kita sama bisa memahami bagaimana cara menggunakan fungsi workday pada excel. Baik argument tersebut ditulis secara langsung pada rumus atau berdasarkan referensi alamat cell.

Pada gambar diatas juga, telah admin berikan beberapa contoh penggunaan fungsi workday excel yang salah, sehingga kalian bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang ada pada gambar.

Untuk mengetahui nomor seri yang dihasilkan menjadi tanggal, maka kalian mesti mengubah format numbernya menjadi format Date (Short Date, Long Date). Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan fitur Format Number pada TabHome-Group Number.

Atau kalian juga bisa mengubah nomor seri yang dihasilakan oleh fungsi workday ms excel ini menjadi format tanggal yang valid dengan menggunakan fungsi text pada excel. Seperti Contoh dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI WORKDAYS PADA EXCEL

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang Fungsi WORKDAY Pada Excel yang dapat admin sampaikan. Jika ada keluh kesah kalian terkait penyampaian materi yang admin lakukan ataupun memang ada yang ingin kalian tanyakan maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Pada halaman berikutnya admin akan memabahas Fungsi WORKDAY.INTL Pada Excel, dimana fungsi tersebut merupakan lanjutan fungsi workday yang kita bahas sekarang ini.

Namun sebelum itu, admin ingin mengigatkan kepada kalian yang tertarik untuk belajar Fungsi Date and Time lainnya, kalian bisa mengklik link salah satu link dibawah ini sesuai dengan judul artikel yang ingin kalian pelajari.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Terimakasih banyak admin ucapkan kepada kalian yang telah membaca tulisan admin hingga akhir. Semoga apa yang kalian pelajari pada blog ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kalian.

Wassalamualekum wr wb.CEL

0 Response to "Fungsi WORKDAY Pada Excel : Menghasilkan Nomor Seri Tanggal Jatuh Tempo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close