-->

Fungsi DAYS360 Pada Excel Untuk Menghitung Selisih Jumlah Hari

Rumus Days360 Excel.- Tulisan admin pada halaman ini mengenai Fungsi Days360 Pada Excel, Formula Excel ini dapat digunakan untuk Menghitung Selisih Hari pada Microsoft Excel.

Disini kita akan mempelajari Fungsi Days360 Pada Excel mulai dari

  • Pengertian Fungsi Days360 Excel 
  • Cara Menggunakan Fungsi Days360 Excel, Dan 
  • Beberapa Contoh Penggunaan Fungsi Days360 Excel.

Fungsi Days360 Excel merupakan pembahasan lanjutan dari fungsi day dan fungsi days excel yang telah kita pelajari sebelumnya. Dimana Fungsi ini sangat mirip dengan Fungsi Days excel yang sama-sama menghitung selisih jumlah hari berdasarkan dua tanggal tertentu.

Oleh karena itu, tidak jarang para pengguna excel pemula masih bingung akan menggunakan fungsi days excel atau fungsi days360 excel dalam menghitung selisih hari antara dua tanggal.

Sebelum membahas tetang perbedaan antara kedua fungsi tersebut, admin ingin menjelaskan dulu tentang fungsi days360 excel mulai dari pengertian sampai ke contoh penggunaannya.

Baca Juga : 

PENGERTIAN FUNGSI DAYS360 PADA EXCEL

Fungsi Days360 Pada Excel Adalah Fungsi excel yang digunakan untuk menghitung selisih jumlah hari antara dua tanggal yang dimasukkan kedalam rumus dengan estimasi 30 hari per-satu bulan alias 360 hari dalam satu tahun.

Sementara tata cara dalam menggunakan fungsi days360 pada Microsoft excel adalah sebagai berikut ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI DAYS360 PADA EXCEL

Seperti fungsi excel pada umumnya, fungsi days360 excel memiliki bentuk rumus/sintaks sendiri dalam memanfaatkan fungsi days360 ini. Adapun bentuk/struktur rumus dari fungsi days360 excel adalah sebagai berikut:

=DAYS360(start_date; end_date, [method])

Ket:

Start_date : bersifat wajib harus ada, argument ini merupakan tanggal awal dari penanggalan yang akan kita hitung selisih harinya. Argument ini dapat berupa alamat cell atau tanggal yang diketik secara langsung pada menggunakan format tanggal yang ditetapkan oleh excel.

End_date : bersifat wajib harus ada, argument ini merupakan tanggal akhir dari penanggalan yang akan kita hitung selisih harinya. Argument ini juga bisa berupa alamat cell atau panggalan yang diketik secara langsung dengan format tanggal yang telah ditetapkan oleh excel.

[method] : bersifat opsional, argument ini berisikan nilai logika TRUE atau FALSE. Jika nilai method bernilai FALSE maka akan menggunakan aturan pananggalan AS Metode (NASD) dan jika nilai method bernilai TRUE maka akan menggunakan aturan pananggalan Eropa Metode.

Fungsi DAYS360 Pada Excel

Secara default jika nilai method dikosongkan maka excel akan menganggap nilai method adalah FALSE atau 0, yang artinya excel akan menggunakan penanggalan AS Metode (NASD).

Baca Juga : 

Admin sendiri tidak menemukan perbedaan yang singnifikan dalam penggunaan nilai method ini, dan jika kalian mendapati sebuah perbedaan yang cukup berarti dalam menggunakan nilai method ini mohon untuk membagikan pengalaman kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAYS360 EXCEL

Perhatikan contoh penggunaan funsgi days360 excel berupa gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAYS360 EXCEL

Dapat kita lihat dari gambar diatas bahwa penggunaan dari fungsi days360 excel sangatlah mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, seperti:

  • Gunakan penanggalan yang telah ditetapkan oleh Microsoft Excel, jika tidak maka akan error.
  • Nilai Method dapat berupa angka 1 dan 0 atau TRUE dan FALSE.

Itulah beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan oleh para pengguna excel pemula dalam menggunakan fungsi days360.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

Selanjutnya kita akan membahas perbedaan antara fungsi days excel dengan fungsi days360 excel. kenapa ini perlu dibahas? Karena kedua fungsi ini memiliki kemiripan jadi supaya kalian tidak salah dalam memilih akan menggunakan fungsi yang mana, maka dari itu admin merasa perlu untuk membahas ini.

PERBEDAAN FUNGSI DAYS EXCEL DENGAN FUNGSI DAYS360 EXCEL

Seperti yang admin terangkan diatas bahwa kedua fungsi tersebut memiliki kesamaan yang dalam penggunaannya. Namun, meskipun memiliki kesamaan dengan fungsi days, fungsi days360 excel tentu saja memiliki keunikan tersendiri yang dapat dipertimbangkan dalam penggunaannya.

Perhatikan tabel berikut ini:

Fungsi

Keterangan

Days

Menghitung selisih hari antara dua tanggal tertentu.

Days360

Menghitung selisih hari antara dua tanggal dengan catatan dalam satu bulan diratakan menjadi 30 hari.

Sekarang mari kita lihat perbedaan antara kedua fungsi tersebut secara langsung dalam excel.

PERBEDAAN FUNGSI DAYS EXCEL DENGAN FUNGSI DAYS360 EXCEL

Meskipun sama-sama menghitung selisih hari antar dua tanggal, namun hasil yang dikembalikan tidak jarang memiliki perbedaan seperti yang terlihat pada cell D4 sampai D7. Itu karena fungsi days360 mematok jumlah hari dalam 1 bulan adalah 30 hari, sementara fungsi days excel mengikuti jumlah hari yang sesuai dengan kalender yang ada.

Admin lebih menyarankan untuk menggunakan Fungsi Days pada excel untuk menghitung selisih hari antara dua tanggal ketimbang fungsi days360. Kenapa? Karena dalam pandangan admin fungsi days excel dapat mengembalikan nilai yang lebih akurat.

Sampai disini, admin merasa penjelasan tentang fungsi days360 excel sudah cukup. Selanjutnya kalian tinggal perbanyak Latihan saja.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya tentang fungsi date and time lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Sampai jumpa pada pembahasan lainnya yang pasti tidak kalah menarik.

Wassalamualekum wr wb.

 

0 Response to "Fungsi DAYS360 Pada Excel Untuk Menghitung Selisih Jumlah Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close