-->

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

Fungsi Today Dan Now Excel.- Tulisan admin berikut ini akan mengulas tentang salah satu Formula Excel lainya yaitu mengenai Fungsi Tanggal Dan Waktu yaitu Fungsi Now Excel dan Fungsi Today Excel. 

Seperti biasa, kita akan membahas suatu fungsi mulai dari Pengertiannya, cara menggunakan fungsi today dan now di excel serta contoh fungsi now excel dan contoh fungsi today excel.

Rumus Today Dan Now Excel

FUNGSI NOW PADA EXCEL

Fungsi Now Excel Adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menampilkan tanggal sesuai dengan tanggal hari ini dan disertai dengan waktu saat ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI NOW DI EXCEL

Bentuk rumus/sintak dari fungsi now adalah sebagai berikut:

=NOW()

Seperti yang terlihat, Fungsi now di excel memiliki sintak yang sederhana. Cukup dengan mengetikkan rumus diatas pada salah satu cell dilembar kerja excel, maka kita sudah bisa menampilkan tanggal dan waktu hari ini pada cell yang diketikkan rumus tersebut.

Secara Default Fungsi Now menampilkan tanggal dan waktu dengan format seperti ini dd/mm/yyyy dan format waktu hh.mm. Namun, kita bisa mengubah format yang dihasilkan melalui “Number Format” pada “Tab Home” ataupun melalui “Format Cells” pada excel.

Selain mengubah formatnya, kita juga bisa memodifikasi nilai tanggal dan waktu yang ditampilkan dengan cara menambahkan tanda plus (+) untuk menambahkan beberapa hari yang akan datang dan tanda minus (-) untuk mengurangi/menampilkan beberapa hari yang lalu.

Akan lebih jelas jika kalian telah melihat contoh yang telah kami sediakan dibagian bawah.

FUNGSI TODAY PADA EXCEL

Fungsi Today Excel Adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menampilkan tanggal sesuai dengan tanggal hari ini tanpa disertai dengan waktu saat ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI TODAY DI EXCEL

Bentuk rumus/sintak dari fungsi today excel adalah sebagai berikut:

=TODAY()

Seperti fungsi Now, fungsi Today juga memiliki rumus yang cukup simple. Bagaimana tidak, hanya dengan mengetikkan rumus diatas kita telah menampilkan tanggal saat ini.

Walaupun Fungsi Today memiliki kesamaan dengan Fungsi Now diatas, kedua fungsi tersebut tentu memiliki perbedaan. Bedanya adalah fungsi Now menampilkan tanggal hari ini disertai dengan waktu saat ini, sedangkan Fungsi Today hanya menampilkan tanggal hari ini tanpa disertai dengan waktu.

Selengkapnya dapat kalian lihat pada contoh yang telah kami siapkan dibawah.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NOW DAN FUNGSI TODAY EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI NOW DAN FUNGSI TODAY EXCEL

Dari dua tabel dengan masing-masing rumus ROW() dan TODAY() diatas, kita bisa melihat bagaimana mudahnya penggunaan dari kedua fungsi tersebut dan nilai yang dikembalikan oleh kedua-Nya.

Jika kalian ingin menampilkan tanggal sebelumnya dari hari sekarang maka gunakan tanda minus (-) disertai dengan nilai angka yang menandakan jumlah hari yang terlewati.

Jika kalian ingin menampilkan tanggal setelah hari sekarang / hari yang akan datang maka gunakan tanda plus (+) disertai dengan nilai angka yang mewakili jumlah hari yang ingin ditampilkan.

Fungsi Now lebih cendrung terlihat menghitung hari berdasarkan “jam”, seperti =NOW()+0,5 artinya ketimbang Fungsi Today yang lebih cendrung menghitung “hari”. Hal ini terlihat jelas pada rumus ke-3 dan ke-5 pada gambar.

Jadi silahkan kalian pilih sendiri fungsi mana yang kalian butuhkan dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan kalian. Jika kalian hanya ingin menampilkan tanggal saat ini saja tanpa menampilkan jam maka gunakan fungsi Today() sebaliknya jika kalian ingin menampilkan tanggal saat ini beserta jam saat ini maka gunakan fungsi Now().

Demikianlah pembahasan kita mengenai Fungsi NOW() dan Fungsi TODAY() excel hari ini, nantikan pembahasan kita terkait fungsi tanggal dan waktu lainnya.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Wassalamualekum Wr Wb.

0 Response to "Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close